Cara Menulis Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja dan Contohnya
Hai sobat UangMania, apakah Anda ingin tahu bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar? berikut ini akan kami ulas pembahasannya.

Bagi sebagian fresh graduate atau mahasiswa yang baru lulus tentu mencari pekerjaan bisa dibilang menjadi hal yang paling ditakuti.

Mengapa demikian, karena mereka masih bingung bagaimana cara melamar kerja, bagaimana trik yang jitu untuk mendapatkan suatu pekerjaan dan yang terpenting bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Memang saat ini persaingan  untuk mendapatkan pekerjaan bisa diibaratkan seperti remahan roti yang dikerubungi oleh banyak semut.

Kita membutuhkan banyak referensi untuk membuat surat lamaran yang baik dan benar untuk mendaftar pekerjaan karena anyak sekali saingan kita dalam melamar kerja dari berbagai kalangan, usia, dan latar pendidikan yang berbeda.

Bahkan gelar yang kita peroleh dari universitas tidak bisa menjamin 100% mendapat pekerjaan.

Itulah kerasnya dunia. Kita hidup di zaman modern ini tentu dimudahkan dengan adanya akses internet 24 jam.


Contoh Surat Lamaran kerja Yang Benar

Surat lamaran kerja sendiri adalah dokumen yang digunakan oleh pencari kerja untuk memberikan informasi yang dibutuhkan perusahaan.

Ada dua jenis surat lamaran yaitu yang bergabung dengan daftar riwayat hidup dan terpisah dengan daftar riwayat hidup.

Kebanyakan pencari kerja menggunakan surat lamaran kerja yang terpisah dari daftar riwayat hidup agar dapat memberikan informasi dengan lebih detail.

Nah di kesempatan kali ini, saya akan memberi contoh cara penulisan yang baik dan benar


1. Tempat dan tanggal surat

  • Penulisan di pojok kanan atas
  • Penulisan tidak diakhiri tanda baca titik (.)


2. Hal dan lampiran

  • Penulisan tidak diakhiri tanda baca titik (.)


3. Alamat surat

  • Lurus garis dan tidak menjorok.
  • Tidak diakhiri dengan tanda baca apapun.


4. Salam pembuka

  • Lurus garis dan tidak menjorok
  • Akhiri dengan tanda baca koma (,)


5. Paragraf pembuka

  • Paragraph menjorok
  • Penulisan laman digarisbawahi
  • Penulisan di bawah salam pembuka.


6. Paragraf isi

  • Berisi biodata, riwayat hidup serta promosi diri terhadap perusahaan yang dituju.
  • Untuk biodata diakhiri dengan tanda baca titik koma (;)
  • Surat elektronik  digarisbawahi


7. Paragraf penutup

  • Berisi harapan pelamar serta ucapan terima kasih kepada perusahaan


8. Salam penutup

  • Ucapan salam
  • Penulisan di bawah kanan paragraf penutup.
  • Diakhiri tanda baca koma (,)


9. Tanda tangan dan nama terang

  • menambahkan kata “Pelamar,” di bawah salam penutup.
  • Lalu bubuhkan tanda tangan pelamar.
  • Lengkapi dengan nama terang.
  • Boleh menambahkan gelar yang dimiliki.

Panduan di atas bisa menjadi patokan kamu untuk menulis surat lamaran kerja yang baik.

Namun kamu juga bisa tambahkan beberapa hal yang diajukan perusahaan, intinya sesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Yang terpenting adalah bagaimana kamu menyampaikan kelebihanmu dengan maksimal dan bisa menjadi nilai lebih sehingga perusahaan melirikmu.


Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

 Nah sebelum menulis surat lamaran, perhatikan beberapa hal berikut ini :
  • Perhatikan kualitas kertas yang digunakan. Jangan sampai perusahaan batal memilihmu  karena alasan sepele.
  • Usahakan menulis dengan  tulisan yang rapi dan indah, bagus bukan menjadi jaminan, yang terpenting enak dilihat mata
  • Singkat dan jelas
  • Menggunakan kalimat efektif atau tidak bertele tele, dan tidak ambigu
  • Menggunakan kata kata denotasi
  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baku, baik dalam pelafalan, kata, kalimat atau ejaan PUEBi
  • Jangan asal asalan menulis lamaran kerja
  • Perhatikan kriteria yang diajukan perusahaan
  • Perhatikan nama perusahaan yang kamu tuju dalam lamaran kerja dan jangan sampai keliru
  • Buat sebersih mungkin surat lamaran
  • Jangan sungkan menunjukan kelebihan anda. Jangan pernah berpikir anda akan dicap sombong.
  • Minta pendapat orang lain untuk memberi masukan yang bermanfaat
  • Jangan copy paste dari internet, karena yang tahu keadaan adalah anda sendiri

Apakah Anda sudah paham bagaiman cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar?

Yah semoga Anda semua  paham dan diterima di peusahaan yang anda inginkan.

Jangan lupa berusaha selalu dan diiringi dengan doa ya sobat. Good luck.
Dody Sulpiandy
Dody Sulpiandy Currently a finance and technology practitioner and working as a business and IT consultant since 2018 in several online media.

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Surat Lamaran Kerja dan Contohnya"